Langsung ke konten utama

SEMUA ORANG MEMILIKI KECERDASAN MASING-MASING

Teori Macam-macam Kecerdasan

Pembagian kecerdasan pada manusia pertama kali dikemukakan oleh psikolog dan profesor ilmu saraf dari Harvard University, mengembangkan teori Multiple Intelligences ( MI ) pada tahun 1983 , pada bukunya The Theory of Multiple Intelligences.
Teori ini menantang kepercayaan tradisional di bidang pendidikan dan ilmu kognitif. Berbeda dengan pemahaman yang telah ada sejak dulu, ketika seorang dilahirkan dengan kapasitas kognitif yang dapat dengan mudah diukur dengan tes kecerdasan. Teori ini memberikan pertimbangan terhadap praktik pendidikan kita yang telah ada dari abad-abad sebelumnya.
Menurut Howard Gardner, manusia memiliki 9 macam kecerdasan yang mencerminkan cara yang berbeda untuk berinteraksi dengan dunia . Setiap orang memiliki kombinasi yang unik, meskipun masing-masing kita memiliki kesembilan kecerdasan tersebut, tidak ada individu pada dua individu yang memiliki konfigurasi yang sama biarpun pada bayi kembar seperti sidik jari kita.

Macam-macam Kecerdasan Manusia

Jenis kecerdasan manusia menurut Howard Gardner, dibagi menjadi 9 kategori kecerdasan seperti berikut :
1. Kecerdasan Linguistik
Kemampuan seseorang untuk menggunakan bahasa sebagai apresiasi  mengekspresikan apa yang ada di pikiran dan memahami orang lain. Kecerdasan linguistik ini dimiliki oleh setiap penulis, orator, pembicara, pengacara atau orang yang melakukan hal penting dalam perdagangan, biasanya memiliki kemampuan linguistik yang besar.
2. Kecerdasan Logika atau matematika
Kemampuan untuk menghitung, mengukur, hipotesis, dan melaksanakan operasi matematika lengkap. Hal ini memungkinkan untuk melihat hubungan yang menggunakan pemikiran simbolis, keterampilan penalaran induktif dan pola berpikir deduktif. Kecerdasan logis biasanya berkembang pada ilmuwan dan detektif.
3. Kecerdasan Musik
Kapasitas seseorang untuk memahami musik dapat dilihat dari caranya mengenali pola musik jazz misalnya dan kemungkinan memodifikasi musik ansambel atau dapat cepat belajar gitar dengan mudah. Orang yang memiliki kecerdasan musikal yang kuat tidak hanya dapat mengingatnya dengan mudah, namun begitu mudah dicurahkan dalam bentuk apapun.
4. Kecerdasan Fisik
Kemampuan untuk menggunakan seluruh tubuh atau sebagian tubuh (seperti tangan, jari, lengan) untuk melakukan sesuatu, contoh yang paling jelas adalah orang-orang dalam atletik atau seni pertunjukan, terutama menari.
5. Kecerdasan Visual
Kecerdasan visual adalah kemampuan untuk berpikir mengenai objek visual tiga dimensi. Kecerdasan ini meliputi, penalaran visual, manipulasi gambar, grafis dan keterampilan artistik, dan imajinasi yang aktif. Pelaut, pilot , pemahat , pelukis , dan arsitek semua menunjukkan kecerdasan spasial.
6 Kecerdasan Natural
Kemampuan manusia untuk membedakan antara makhluk hidup (tanaman, hewan) dan kepekaan terhadap dunia alam (menyukai gunung-gunung tertinggiair terjun di dunia, sungai-sungai terpanjang dan sebagainya). Fenomena alam dengan segala keindahannya sangat disukai oleh seseorang yang memiliki kecerdasan natural yang tinggi.
7. Kecerdasan Intrapersonal
Pemahaman tentang diri sendiri, mengetahui siapa dan apa yang dapat dilakukan, dan harus dilakukan, bagaimana reaksinya terhadap hal-hal yang hal yang harus dihindari. Orang-orang yang memiliki pemahaman yang baik terhadap diri sendiri akan, meningkatkan rasa percaya diri untuk melakukan apapun sendiri tanpa bantuan siapapun.
8. Kecerdasan Interpersonal
Kemampuan untuk memahami orang lain adalah kemampuan yang kita semua butuhkan, tapi sangat penting bagi guru, dokter, tenaga penjualan, atau politisi. Atau siapa saja yang perlu berhubungan dengan orang lain.
9. Kecerdasan Essensial
Kemampuan dan kecenderungan untuk merenungkan pertanyaan tentang kehidupan, kematian, dan realitas tertinggi. Kapasitas untuk menangani pertanyaan-pertanyaan mendalam tentang eksistensi manusia, seperti makna hidup, mengapa kita mati dan bagaimana kita sampai di sini.

macam kecerdasan tersebut dimiliki oleh setiap manusia untuk dapat berkembang secara seimbang dan digunakan sesuai kegunaannya.
JADI kalo kamu di bikang gaK CERDAS, jangn mau ya,... coz Allah menciptakan kita sebagai manusia yang CERDAS.

Salam CERIA (Cerdas Energik Riang ber-Iman Aktif)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIAPAKAH RATU KENCANA WUNGU SEBENARNYA?

Jika saya di tanya, siapakah   Kencana Wungu sebenarnya? Secara logis, saya akan menjawab, “Saya gak tau, karena pada masanya, saya belum menulis,dan memang belum ada”. Ah, hanya bercanda saja, ada beberapa sumber yang menceritakan tentang Ratu Majapahit ini. Ada yang mengatakan bahwa Kencono wungu adalah TRI BUANA TUNGGA DEWI (Ibunda Hayam Wuruk ), ada pula yang mengatakan bahwa beliau hidup pada masa Islam datang ke Nusantara, ada pula yang menceritakan bahwa beliau adalah Ibunda dari SUNAN GIRI (Pendiri Giri Kedaton ), nah di tulisan kali ini saya akan menceritakan yang versi Kencana Wungu, ibunda dari Sunan Giri. Majapahit adalah sebuah kerajaan besar yang didirikan pada tahun 1293 Masehi oleh Raden Wijaya yang bergelar Sri Kertarajasha Jayawardhana. Wilayahnya membentang dari ujung utara pulau Sumatera, sampai Papua. Bahkan Malaka yang sekarang dikenal dengan nama Malaysia termasuk ke dalam wilayahnya. Pada jaman itu bangsa Majapahit pernah menjadi negara adikuasa.

JINGGA DI UFUK BARAT

hai hatiku, apakabar kamu? “Kau cintaku, yang tak perlu ku perbandingkan, bilapun aku harus membandingkanmu, maka mereka pembanding yang pernah kupilih memiliki bilangan 0, yang membuat kau tetap bernilai 1 di hatiq. Satu per Nol, tak terhingga   cintaku   untukmu” _____________________________________________________________ Juli 2015 – Ah,tak apalah! “Yoshi namamu,seseorang yang diam-diam ku perhatikan memperhatikanku,senyumku, tatapanku,tawaku, tingkahku,keberadaanku tak lepas dari rekam matamu yang merindingkan,menggelitik dan menarikku ke duniamu hingga kita dekat, walau ku rasa kita telat untuk berikrar kan sahabat, satu, dua tiga bulan pertama,cukup terlalu lama rupanya mencipatakan gravitasi nyaman antara kita. Ah, tak apalah, tak perlu kan mempermasalahkan hal seperti ini? Bukankah perlu waktu untuk mempertemukan lautan dengan langit melalui awan? Selamat datang ke duniaku, kamu! Agustus 2015 – Hai hatiku, Apakabar kamu? Rupanya, kamu

Lelahmu Kan Tergantikan Bu!

Aku tahu hari ini  pasti akan datang, hari dimana aku akan melihat Ibu tercintaku terbaring kaku dengan senyum kedamaian dihadapanku. Aku terus memandangi wajah itu, karena aku tahu inilah saat terakhirku melihat senyum itu hadir nyata di hadapanku, setelah ini, tak tahu kapan lagi. Senyum itulah yang dulu selalu menyamangatiku, senyum itulah yang dulu selalu dihadiahkan untukku ketika Ibu melihat tingkahku yang lugu, tingkahku yang menyenangkan ataupun tingkahku yang melelakan. “ woalah Ran, kalo besok gag jadi wong sugih, rugi kamu!” . Aku masih ingat benar kalimat yang ibu ucapkan saat aku masih kecil dulu, ketika melihatku merengek meminta gendong ataupun diam-diam aku mengikuti ibu ke sawah lalu diam-diam pula aku naik keatas punggungnya. Entah mengapa, saat itu aku suka sekali menjahili ibu, membuat ibuku jengkel padaku, lalu dengan nada kesal ibu mengucapkan kalimat itu. Aku tersenyum kecil mengingat kejadian-kejadian masa kecilku bersama beliau.  “Bu, Ibu belum berkata itu lag