Langsung ke konten utama

GURU YANG BAIK

Pagi tadi saya berkunjung ke sebuah MTs swasta untuk bersilaturahhim dengan siswa - siswi kelas 9, yang dua minggu lagi akan menempuh Ujian Nasional. Setelah bertemu anak2, saya masuk ke ruang guru dan berbincang - bincang dengan salah satu Guru di sana , yang notabennya adalah Sahabat saya juga. Awalnya sich ngobrol2 santai aja, tapi malah masuk ke arus dunia "pengajaran dan yang di ajarkan"

"Mba, jadi seorang guru tu harus menyenangkan lho" kata teman saya.
iya memang saya membenarkan ucapan sahabat saya ini, dengan alasan, percuma kalo kita mengajar, tapi suasana kelas kita tidak menyenangkan. Tetapi kalo suasana pengajarannya menyenangkn, pasti yang di ajarpun jadi senang, pelajaran yang diajarkan pun cepat bisa di serap oleh siswa, dan al hasil, qt sebagai pengajarnya pun mendapat kepuasan tersendiri,, Benarkan teman?

Nah berikut, saya bagikan Tips bagaimana menjadi guru IDAMAN
1. terlihat MENARIK dan Menyenagkan
kalo mau ngajar, mbok ya dandan dulu,, tapi bagi para cewek,, gag usah menor2 lho,,jelek Ah!, pokoknya buat seindah mungkin lah....

2. Jangan Monoton.
    Ajaklah anak2 didik untuk belajar di luar ruangan(Out door). Suasananya lebih Fresh dan lebih cerah tentunya. Tapi ingat, kita juga harus melihat kondisi cuaca lho ya!, o iya, sama pelajaran yang di ajarkan. Kalo pelajaran matematika, agag susah kalo di ajak keluar,karena biasanya kan butuh alat yang komplit, ya papan, ya meja hitung, dll

3. Ice Breaking
Sebelum pelajaran, mungkin teman2 bisa memberikan permainan mini(singkat), untuk menyemangatkan kembali suasana. Apalagi kali teman2 dapat jam ngajar di jam terakhir(sIANG), tu biasanya anak2 udah pada BT,laper,dsb...

4. Cerita Inspiratif
Ketika mengajar, sangat disarankan lho, kita menyisipinya dengan cerita2 Inspiratif,,misalnya cerita perjuangannya Albert Einstein, Thomas Alfa, dll. Intinya, berikan Inspirasi pada siswa2 kita, bahwa mereka juga bisa seperti Tokoh2 inspiratif yang kita ceritakan

5. GURU (di Gugu lan di TiRU)
Itu kan pepatah orang jawa ya?. Tapi itu benar kog temans, kita kan udah memilih untuk jadi seorang guru, hendaknya segala sikap dan sifat kita menjadi suri Tauladan yang baik bagi siswa2 kita. Contohnya, "Anak2, kita gag boleh lho berselisih dengan teman....","aNAk2, kita tidak boleh membicarakn keburukan orang lain, di belakang orang itu, apalagi keburukan teman kita sendiri.."..., nah itu contoh kecil, kita udah berani menasehati gitu, tapi biasanya pada kenyataanya, anda2 sesama guru, sering saling tidak tegur gara2 berselisih paham, ato kadang anda2 ngerasani(membicarakan) teman guru yang lainnya...wah,, sama sekali gag sesuai dengan yang kita ajarkan ya???.
Terus kalo sikap n sifat  udah terbiasa kurang baik gimana donk? "Gampang..", sikap dan sifat itu bisa terbiasakan kog temans...,Kalo terbiasa berbuat baik, pasti akan bersikap,bersifat baik. Jadi, bagi anda yang sering berbuat tidak baik,, tolong Segera di biasakan untuk berubah baik ya!, kalo gag bisa juga gimana?"...
Ya sudah lah,,, Pura2 jadi baik aja ya, selalu pura2 berbuat baik di hadapan orang lain termasuk siswa kita,, nah lama2 kepura2an anda akan mengubah sikap anda menjadi beneran baik.ada   Rumus tentang kebaikan Nich,,
SELALU PURA2 BAIK = Akan benar2 Menjadi Baik
Kadang2 BERpura2 Baik = Bukan Orang Baik2

6. Bisa Lembut dan Bisa Tegas
Tau kan maksudnya, saat mengajar, marilah kita ajari anak2 didik kita dengan lemah lembut, dengan kasih sayang. Tapi tidak selalu kita harus lemah lembut, senyam-senyum... terkadang ada juga siswa yang ngelunjak, berbuat yang kurang sopan terhadap guru, Anda harus berani menegur atau menghukumnya(dgn hukuman yang wajar, ato di bicarakan langsung dgn Orang tua si anak tersebut).
TAPI INSYA ALLAH, KALO KITA BERBUAT BAIK DENGAN SEGALA KETULUSAN, PASTILAH KITA AKAN MENDAPAT BALASAN SESUAI DENGAN APA YANG KITA AJARKAN

Teman....
Jadi Guru itu tidakj boleh hanya menyenangkan saja,, tapi harus Cerdas.
Semoga seluruh Guru di Indonesia adalah Guru yang cerdas dan Menyenangkan, yang bisa mendidik seluruh siswa2nya, sehingga menjadi Penerus bangsa yang kita Harapkan!!

Eitz... APakabarnya Indonesia jika Guru tu, Udah gag menyenangkan,,Gag Cerdas lagi?????
KACAU!!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIAPAKAH RATU KENCANA WUNGU SEBENARNYA?

Jika saya di tanya, siapakah   Kencana Wungu sebenarnya? Secara logis, saya akan menjawab, “Saya gak tau, karena pada masanya, saya belum menulis,dan memang belum ada”. Ah, hanya bercanda saja, ada beberapa sumber yang menceritakan tentang Ratu Majapahit ini. Ada yang mengatakan bahwa Kencono wungu adalah TRI BUANA TUNGGA DEWI (Ibunda Hayam Wuruk ), ada pula yang mengatakan bahwa beliau hidup pada masa Islam datang ke Nusantara, ada pula yang menceritakan bahwa beliau adalah Ibunda dari SUNAN GIRI (Pendiri Giri Kedaton ), nah di tulisan kali ini saya akan menceritakan yang versi Kencana Wungu, ibunda dari Sunan Giri. Majapahit adalah sebuah kerajaan besar yang didirikan pada tahun 1293 Masehi oleh Raden Wijaya yang bergelar Sri Kertarajasha Jayawardhana. Wilayahnya membentang dari ujung utara pulau Sumatera, sampai Papua. Bahkan Malaka yang sekarang dikenal dengan nama Malaysia termasuk ke dalam wilayahnya. Pada jaman itu bangsa Majapahit pernah menjadi negara adikuasa.

JINGGA DI UFUK BARAT

hai hatiku, apakabar kamu? “Kau cintaku, yang tak perlu ku perbandingkan, bilapun aku harus membandingkanmu, maka mereka pembanding yang pernah kupilih memiliki bilangan 0, yang membuat kau tetap bernilai 1 di hatiq. Satu per Nol, tak terhingga   cintaku   untukmu” _____________________________________________________________ Juli 2015 – Ah,tak apalah! “Yoshi namamu,seseorang yang diam-diam ku perhatikan memperhatikanku,senyumku, tatapanku,tawaku, tingkahku,keberadaanku tak lepas dari rekam matamu yang merindingkan,menggelitik dan menarikku ke duniamu hingga kita dekat, walau ku rasa kita telat untuk berikrar kan sahabat, satu, dua tiga bulan pertama,cukup terlalu lama rupanya mencipatakan gravitasi nyaman antara kita. Ah, tak apalah, tak perlu kan mempermasalahkan hal seperti ini? Bukankah perlu waktu untuk mempertemukan lautan dengan langit melalui awan? Selamat datang ke duniaku, kamu! Agustus 2015 – Hai hatiku, Apakabar kamu? Rupanya, kamu

Lelahmu Kan Tergantikan Bu!

Aku tahu hari ini  pasti akan datang, hari dimana aku akan melihat Ibu tercintaku terbaring kaku dengan senyum kedamaian dihadapanku. Aku terus memandangi wajah itu, karena aku tahu inilah saat terakhirku melihat senyum itu hadir nyata di hadapanku, setelah ini, tak tahu kapan lagi. Senyum itulah yang dulu selalu menyamangatiku, senyum itulah yang dulu selalu dihadiahkan untukku ketika Ibu melihat tingkahku yang lugu, tingkahku yang menyenangkan ataupun tingkahku yang melelakan. “ woalah Ran, kalo besok gag jadi wong sugih, rugi kamu!” . Aku masih ingat benar kalimat yang ibu ucapkan saat aku masih kecil dulu, ketika melihatku merengek meminta gendong ataupun diam-diam aku mengikuti ibu ke sawah lalu diam-diam pula aku naik keatas punggungnya. Entah mengapa, saat itu aku suka sekali menjahili ibu, membuat ibuku jengkel padaku, lalu dengan nada kesal ibu mengucapkan kalimat itu. Aku tersenyum kecil mengingat kejadian-kejadian masa kecilku bersama beliau.  “Bu, Ibu belum berkata itu lag